06 Agustus, 2011

Cara jitu mendapatkan modal

Menghasilkan uang tanpa uang ternyata bukan mimpi, saya sudah membuktikan gagasan itu dalam bentuk yang nyata. Gagasan tersebut saya kembangkan dengan konsep yang saya namakan konsep having, doing, being.

Konsep tersebut terinspirasi dari pengalaman pribadi saya yang sudah menjadi dosen hampir 20 tahun dengan sederet jabatan namun tidak menghasilkan uang yang banyak. Dengan konsep itu, saya dapat memiliki 2 (dua) buah rumah dan sebuah mobil sebagai modal dalam berbisnis.

Konsep yang saya miliki dan telah saya jalankan dapat dilakukan oleh semua orang asalkan orang tersebut mempunyai (having) kemauan atau motivasi yang tepat serta menguasai pengetahuan yang memadai. Kemauan dan kemampuan tersebut harus dijadikan dasar dalam melakukan (doing) tindakan yang kreatif, inovatif dan tepat sesuai tujuan yang fokus, yakni menjadikan dirinya menjadi (being) sosok seperti apa.


  • Mempunyai (Having)

Saya mempunyai motivasi yang menurut saya sangat relevan sebagai dosen, yaitu janganlah bekerja untuk uang tapi bekerjalah untuk belajar. Saya mempunyai (having) motivasi bekerja untuk belajar bukan bekerja untuk uang. Bekerja untuk uang menghasilkan ketakutan dan ketamakan.

Bekerja untuk uang menjadikan saya tergantung dengan uang. Tergantung dengan uang akan menciptakan ketakutan, takut tak punya uang, takut kekurangan uang, sehingga bisa menjadi budak uang yang mau dan tega melakukan apa pun demi uang termasuk dengan cara yang batil.

Bekerja untuk uang menjadikan saya sangat mencintai uang dan kemungkinan besar dapat mengubah saya menjadi tamak. Ketika saya mendapatkan gaji yang bertambah besar atau uangnya bertambah banyak, keinginan saya pun tentu bertambah, sehingga saya menjadi semakin tamak untuk mendapatkan uang yang lebih banyak. Ketamakan bisa menjadikan seseorang mau dan mampu melakukan sesuatu yang tidak terbayangkan sebelumnya.

Bekerja dapat menjadi pembelajaran untuk menguasai cara menghasilkan uang dengan mudah, mengatur pengeluaran yang efisien, serta mengelola aset dan liabilitas dengan baik. Pengetahuan tersebut meliputi aspek kognitif (pengetahuan), psikomotorik (keterampilan) dan afektif (sikap). Bekerja membuat saya mempunyai (having) kemampuan konseptual untuk menghasilkan uang dengan pengetahuan, keterampilan dan sikap yang saya dapatkan dari prinsip bekerja untuk belajar.


  • Melakukan (Doing)

Setelah saya mempunyai kemauan dan kemampuan konseptual untuk menghasilkan uang, saya mulai melakukan (doing) sesuatu yang sudah saya kuasai dan menjadi kemauan saya tersebut. Banyak cara yang sudah saya lakukan, namun kalau orientasinya adalah how to make money with loan saya melakukannya dengan cara mencari pinjaman yang aman, mengelolanya dengan cara membeli sesuatu, menjual kembali dan menyewakannya, sehingga saya mendapat penghasilan pasif sampai sekarang. Cara tersebut telah saya lakukan dan dapat dilakukan pula oleh siapa pun.



  • (Being)

Motivasi dan tindakan yang saya lakukan sesuai dengan keinginan saya untuk menjadi (being) dosen yang kaya tanpa keharusan untuk bekerja. Persisnya, saya ingin menjadi dosen yang melakukan pekerjaan sebagai pilihan, bukan sebagai keharusan karena butuh untuk makan.

Bekerja sebagai pilihan dapat terwujud kalau saya sudah mempunyai penghasilan pasif (passive income) yang memadai. Penghasilan pasif adalah penghasilan yang diperoleh secara rutin dan terus menerus tanpa bekerja, karena aset yang saya miliki telah “bekerja” menghasilkan uang.

Pada saat tujuan saya tercapai saya dapat memilih akan mengajar apa, dimana dan kapan pun yang saya suka, karena saya tidak bekerja untuk uang. Mengajar menjadi sebuah peribadatan dengan memberikan ilmu-ilmu yang bermanfaat. Alangkah indahnya hidup ini, sebab ilmu yang bermanfaat pahalanya akan terus mengalir kendati kita telah meninggal dunia.

Bagaimana ketiga konsep itu dilakukan?

Baca pengalaman nyata saya pada tulisan yang berjudul :

"Inilah cara saya mendapatkan modal"

di blog ini juga

+

Tidak ada komentar:

Posting Komentar